A.) Internalisasi belajar dan spesialisasi
Pada bab kali ini pertama kita akan bahas sosialisasi dan pemuda .Pemuda adalah individu yang secara fisik mengalami perkembangan dan secara psikis emosional sedang memuncak . Pemuda berkisar sekitar 18-35 tahun.
Sedangkan sosialisasi adalah proses dimana seorang individu yang akan mengubah dari tidak tahu sampai tahu berawal dr masyarakat sekitar.
Sosialisasi tercapai melalui komunikasi dengan masyarakat lainnya , pola kelakuan yang diharapkan dari seorang anak terus menerus disampaikan dlm segala situasi dimana ia terlibat .
* agen-agen sosialisasi :
1. Keluarga .
2. Sekolah .
3. Masyarakat .
Sekarang kita masuk ke internalisasi belajar dan sosialisasi . Apa sih internalisasi ??.Internalisasi lebih menekankan norma - norma individu berubah dari masyarakat sekitar.jadi , internalisasi belajar dan sosialisasi itu merupakan proses yg harus dijalankan pemuda untuk belajar dari masyarakat sekitar .
* peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat :
1. Membangun era modern ini untuk maju .
2. Sebagai kontrol sosial di masyarakat .
Jadi , tujuan pokok dari sosialisasi diatas adalah untuk menyesuaikan tingkah lakunya sesuai harapan hidup di masyarakat , serta mampu mengenali dirinya sendiri dalam lingkungan sosialnya .
B.) Pemuda dan identitas
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda dalam keputusan menteri KEMDIKBUD yg tertuang pada nomor : 0323/41978/tanggal 28 Oktober 1978yang bertujuan agar semua pihak yg ikut serta dan yan berkepentingan untuk penanganannya harus benar-benar menggunakannya sbg pedoman agar pelaksanaannya terarah dan mencapai tujuan tertentu .
*masalah-masalah generasi muda dewasa :
1. Kurang nya lapangan kerja dan kesempatan kerja .
2. Pergaulan bebas .
3. Kurang nya jiwa nasionalisme , idealisme dan patriotisme .
4. Dll
*potensi-potensi generasi muda :
1. Menggunakan SDA secara biijaksana .
2. Menguatkan komunikasi , kerjasama , informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya .
3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan kewirausahaan .
4. Dll
C.) Perguruan dan Pendidikan
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman , guna untuk memajukan budi pekerti , pikiran dan jasmani melalui masyarakat sekitar .
Sedangkan perguruan tinggi adalah pendidikan tertinggi daripada jalur pendidikan menengah dan sekolah atau bias juga lanjutan dari sekolah menengah .
*Alasan mengapa masyarakat bekesempatan mengenyam pendidikan tinggi :
1. Mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional yang diterapkan kepada masyarakat yg lebih luas guna membangun peradaban yang lebih baik .
2. Memperbaiki kualitas SDM yang sudah ada.
3. Guna mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK yg berfungsi meningkatkan taraf hidup masyarakat.
NAMA : ABIYOGA ARI NUGROHO
KELAS: 1KA13
NPM : 10114079
SUMBER : www.google.com
www.id.wikipedia.org
Buku sosiologi kelas 11 dan 12 SMA
Pada bab kali ini pertama kita akan bahas sosialisasi dan pemuda .Pemuda adalah individu yang secara fisik mengalami perkembangan dan secara psikis emosional sedang memuncak . Pemuda berkisar sekitar 18-35 tahun.
Sedangkan sosialisasi adalah proses dimana seorang individu yang akan mengubah dari tidak tahu sampai tahu berawal dr masyarakat sekitar.
Sosialisasi tercapai melalui komunikasi dengan masyarakat lainnya , pola kelakuan yang diharapkan dari seorang anak terus menerus disampaikan dlm segala situasi dimana ia terlibat .
* agen-agen sosialisasi :
1. Keluarga .
2. Sekolah .
3. Masyarakat .
Sekarang kita masuk ke internalisasi belajar dan sosialisasi . Apa sih internalisasi ??.Internalisasi lebih menekankan norma - norma individu berubah dari masyarakat sekitar.jadi , internalisasi belajar dan sosialisasi itu merupakan proses yg harus dijalankan pemuda untuk belajar dari masyarakat sekitar .
* peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat :
1. Membangun era modern ini untuk maju .
2. Sebagai kontrol sosial di masyarakat .
Jadi , tujuan pokok dari sosialisasi diatas adalah untuk menyesuaikan tingkah lakunya sesuai harapan hidup di masyarakat , serta mampu mengenali dirinya sendiri dalam lingkungan sosialnya .
B.) Pemuda dan identitas
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda dalam keputusan menteri KEMDIKBUD yg tertuang pada nomor : 0323/41978/tanggal 28 Oktober 1978yang bertujuan agar semua pihak yg ikut serta dan yan berkepentingan untuk penanganannya harus benar-benar menggunakannya sbg pedoman agar pelaksanaannya terarah dan mencapai tujuan tertentu .
*masalah-masalah generasi muda dewasa :
1. Kurang nya lapangan kerja dan kesempatan kerja .
2. Pergaulan bebas .
3. Kurang nya jiwa nasionalisme , idealisme dan patriotisme .
4. Dll
*potensi-potensi generasi muda :
1. Menggunakan SDA secara biijaksana .
2. Menguatkan komunikasi , kerjasama , informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya .
3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan kewirausahaan .
4. Dll
C.) Perguruan dan Pendidikan
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman , guna untuk memajukan budi pekerti , pikiran dan jasmani melalui masyarakat sekitar .
Sedangkan perguruan tinggi adalah pendidikan tertinggi daripada jalur pendidikan menengah dan sekolah atau bias juga lanjutan dari sekolah menengah .
*Alasan mengapa masyarakat bekesempatan mengenyam pendidikan tinggi :
1. Mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional yang diterapkan kepada masyarakat yg lebih luas guna membangun peradaban yang lebih baik .
2. Memperbaiki kualitas SDM yang sudah ada.
3. Guna mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK yg berfungsi meningkatkan taraf hidup masyarakat.
NAMA : ABIYOGA ARI NUGROHO
KELAS: 1KA13
NPM : 10114079
SUMBER : www.google.com
www.id.wikipedia.org
Buku sosiologi kelas 11 dan 12 SMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar